sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Pelabuhan Tapaktuan Belum Beri Manfaat Pada PAD

TAPAKTUAN - Keberadaan Pelabuhan Perintis Tapaktuan, Aceh Selatan, sejauh ini belum memberikan manfaat bagi daerah terutama dalam sektor pendapatan asli daerah (PAD). Kecuali, hanya memberikan kontribusi bagi pedagang semen yang memasok bahan bangunan itu dari Padang (Sumbar).

Pemasukan retribusi dan keuangan bagi Pelabuhan Tapaktuan melalui biaya labuh kapal dan pemberian perizinan pelayaran dan bongkar muat kapal. Para pedagang semen juga membayar ongkos angkut walaupun menggunakan fasilitas pelayanan perintis yang diketahui angkutan "gratis" melalui pelabuhan tertentu.

Di sisi lain, pasokan semen yang menggunakan kapal perintis tidak membuat harga semen di daerah itu menjadi lebih murah. Harga pasaran semen di Tapaktuan saat ini mencapai Rp44 ribu/zak.

Menurut keterangan, kapal perintis yang secara rutin menyinggahi pelabuhan yang berada di tengah kota Tapaktuan itu hanya membawa semen pesanan pedagang. Sementara ketika melepas jangkar tidak membawa barang apapun dari Pelabuhan Tapaktuan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (DishubKominfo) Aceh Selatan, Drs H Tio Achriyat, ketika dikonfirmasi Analisa di Tapaktuan menyatakan, semestinya pelabuhan itu bisa memberi kontribusi bagi daerah khususnya PAD. Namun sejauh ini belum ada sama sekali, katanya sembari menambahkan, pelabuhan itu belum beraktivitas secara normal. (Analisa)
editor: de

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama