sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » DKP Aceh Selatan Canangkan Program Budidaya Ikan Air Tawar dan Payau

KLUETMEDIA | TAPAKTUAN - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab Asel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mencanangkan program budidaya ikan air tawar dan air payau. Dengan dilahirkannya program tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan benih ikan di daerah tersebut.

"Program budidaya ikan air tawar ini mulai kita jalankan pada tahun ini, dengan lokasi percontohan di kawasan kolam Aroya, Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan. Di kolam itu nantinya akan kita persiapkan induk dan bibit ikan air tawar jenis mas, kerling dan patin," kata Kepala DKP Aceh Selatan Cut Yusminar APi, Senin (19/5) kemaren.

Diakuinya, akhir-akhir ini ikan air tawar jenis kerling mulai langka, sulit dijumpai di daerah itu, sehingga kondisi tersebut mendorong Pemkab Aceh Selatan melakukan upaya budidaya ikan jenis tersebut.

Terlebih dengan kondisi air di beberapa wilayah Aceh Selatan sangat cocok untuk budidaya ikan air tawar khususnya ikan kerling.

"Jadi dalam rangka budidaya kita sudah mempersiapkan induk ikan kerling. Untuk pertama kali benihnya kita ambil yang tersedia dari alam, yakni dari sungai-sungai yang ada dalam Kabupaten Aceh Selatan. Kita berharap dengan adanya kolam percontohan dan pembibitan semacam ini, masyarakat bisa belajar mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar," katanya.

Selain mendorong masyarakat ikut serta membudidayakan ikan air tawar, program tersebut juga dimaksudkan mengantisipasi terjadinya kelangkaan ikan air tawar jenis kerling dan patin di daerah itu.

"Dengan adanya bibit dari balai benih ikan, akan memudahkan masyarakat memperoleh bibit. Selain itu kita juga akan ajari cara pengolahan ikan air tawar," jelasnya.

Selain pengembangan dan budidaya ikan air tawar, tambah Cut Yusminar, pada tahun ini Pemkab Aceh Selatan mencanangkan program budidaya ikan air payau, yakni jenis ikan bandeng, lele dan udang. Program tersebut berlokasi di Desa Pasie Asahan, Kecamatan Pasie Raja, dengan luas areal yang sudah tersedia dua hektare.

"Lokasi tambaknya sudah ada di Pasie Asahan dengan luas lahan dua hektare, tahun ini kita sedang memprogramkan pembibitannya," ujarnya. []
sumber : MedanBisnis

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama