sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » Pelunasan Ongkos naik Haji Mulai 22 Mei Mendatang

JAKARTA - Calon jamaah haji kuota 2013 harus bersiap melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Kementerian Agama (Kemenag) membuka masa pelunasan BPIH mulai 22 Mei mendatang.
    
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu menuturkan tidak ada niatan untuk menunda-nunda pengumuman masa pelunasan BPIH. "Semua berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah kami tetapkan," tandasnya, Jumat (17/5).
    
Anggito berharap calon jamaah haji memanfaatkan masa pelunasan BPIH dengan sebaik-baiknya. Sebab, mulai tahun ini Kemenag hanya membuka satu kali masa atau gelombang pelunasan. Jika ada calon jamaah haji yang tidak melunasi BPIH pada satu gelombang pelunasan itu, otomatis kursinya ditarik pemerintah.
    
Sebelumnya, calon jamaah haji diberi waktu pelunasan BPIH hingga tiga gelombang. Baru jika tidak lunas sampai gelombang ketiga sisa kursi ditarik pemerintah pusat dan digunakan untuk jamaah usia lanjut.
    
Anggito mengatakan, karena hanya ada satu kali kesempatan, durasi pelunasan BPIH tahun ini agak lama. Hal itu agar calon jamaah haji memiliki waktu yang cukup. Jika akhirnya ada sisa kursi, Kemenag menerapkan skema baru untuk pengisiannya. Sisa kursi diambil untuk porsi petugas haji tambahan. Nah, sisanya dibagikan ke Kanwil Kemenag di provinsi untuk disalurkan ke jamaah lansia sesuai dengan nomor urut antrean.
    
BPIH 2013 dipatok USD 3.257 atau setara dengan Rp 33,8 juta (dengan asumsi USD 1 = Rp 9.600). Umumnya jamaah haji sudah menyetor uang muka BPIH sebesar Rp 25 juta. Artinya, uang pelunasan yang harus disiapkan calon jamaah haji sekitar Rp 8 juta hingga Rp 9 juta.
    
Kuota nasional jamaah haji reguler Indonesia 194 ribu. Sebanyak 112 ribu jamaah diangkut maskapai Garuda Indonesia, sisanya terbang menggunakan Saudi Arabia Airlines. Permohonan penambahan kuota haji ke pemerintah Arab Saudi sejauh ini belum direstui. (wan/ca/jpnn)

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama