sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » Atraksi Debus 'Keumala Sakti' Bikin Pengunjung Bersorak

Rapa'i Debus 'Keumala Sakti'
KLUETMEDIA | BANDA ACEH - Penampilan sanggar rapa'i dabus 'Keumala Sakti' dari desa Indra Damai kecamatan kluet Selatan kabupaten Aceh Selatan malam tadi (24/9) di arena Pekan Kebudayaan Aceh membuat pengunjung bergemuruh dan bersorak.

Sanggar Debus yang diketuai oleh Agus Mawar ini menampilkan atraksi kekebalan akan senjata tajam terutama benda tajam yang berbahan baku dari besi. Peralatan Debus yang dibawa ke pentas seperti, pisau belati runcing, parang, besi runcing dan rantai. Juga tidak ketinggalan alat - alat pertukangan seperti bor listrik dan mesin grenda digunakan sebagai alat dalam atraksi ini sehingga pengunjung yang memadati anjungan Aceh Selatan berebut tempat agar bisa menyaksikan didepan panggung.



Rapa'i Debus merupakan kesenian yang sudah menjadi ciri khas bagi masyarakat Kluet Selatan yang berdiam di wilayah Aceh Selatan. Seperti lazimnya sebuah tradisi dari kabupaten Aceh Selatan, atraksi debus memang kerap ditampilkan diacara-acara adat maupun acara seremonial sehingga bagi warga Aceh Selatan sendiri, apapun yang dilakukan oleh pemain debus diatas pentas tidaklah menakutkan. 



Setelah penampilan malam tadi, sanggar rapa'i debus 'Keumala Sakti' juga akan tampil di panggung utama pada kamis malam (26/9). Diharapkan bagi warga Aceh Selatan untuk hadir dan ikut bersama-sama memeriahkan kesenian tradisional ini. (de)

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama