sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » Mahasiswa Harus Pahami Fungsinya Dalam Masyarakat

EDITORIAL - Pada dasarnya peran mahasiswa dalam sosial kemasyarakatan sangat penting sebab dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman berorganisasi dikampus akan menunjang segala kegiatan yang nantinya dikembangkan. Untuk itu, mahasiswa harus mengenal siapa dirinya sehingga akan muncul rasa tanggung jawab dan kewajiban baginya untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan yang ada ditanah kelahirannya.

Akhir – akhir ini, penulis melihat tingkat keaktifan mahasiswa dalam wilayah Kluet Raya dalam bermasyarakat mulai berkurang. Tatkala berada dikampung halaman, mereka lebih sering ‘nongkrong” bersama teman-teman lainnya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Sering terlihat mahasiswa begitu ‘enjoy’ keluyuran diatas sepeda motor disaat waktu shalat maghrib akan dilaksanakan. 

Disamping permasalahan diatas, Kegiatan mahasiswa(i) sewaktu berada dikampung halaman lebih banyak digunakan untuk pribadi dan terkesan ‘malas’ terlibat dengan aktivitas yang ada dilingkungannya.  Jika yang laki – laki lebih banyak menghabiskan waktu libur di warung kopi atau keluyuran, sementara yang perempuan lebih banyak “aktif” dikamar dengan segala aktivitas dunia maya mereka.

Permasalahan – permasalahan diatas itu yang menyebabkan mahasiswa menjadi tidak produktif digampong mereka sendiri. Mereka tidak memanfaatkan waktu libur tersebut untuk berdiskusi dengan perangkat gampong tentang masalah yang kerap dialami digampong itu. Mereka lebih sering diam dan menunggu hingga ada orang lain yang maju kedepan lalu mereka kemudian mengekori.

Sebanyak 9 dari 15 responden dari berbagai profesi yang penulis minta pendapatnya terhadap permasalahan diatas menyebutkan bahwa penyebab tidak produktifnya mahasiswa ditengah masyarakat karena mereka kurang peka terhadap lingkungannya sendiri. 

Hal ini dipengaruhi oleh pergaulan yang tidak sehat yang didapat selama kuliah. Selain dari jadwal kuliah, mereka lebih banyak menghabiskan waktu ditempat – tempat yang tidak tepat untuk memotivasi dirinya dalam hal bersosialisasi sehingga lambat laun menjadi gaya hidup dan terbawa saat berada di kampung halaman. Mahasiswa sudah dijerat oleh pengaruh media baik itu media tv maupun internet sehingga mereka lalai dan bersikap masa bodoh dengan lingkungannya. 

Penyebab lain yang menjadikan mahasiswa kurang produktif dalam masyarakat adalah mereka kehilangan identitas akibat ketidak tahuan mereka akan fungsi dan tugas mahasiswa itu sendiri. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa merupakan barisan terdepan dalam demokrasi dan pembangunan. Semua itu bisa terwujud apabila kapabilitas figur tertempa dengan baik. Kebiasaan berorganisasi akan memunculkan banyak ide dan inovasi yang bisa diterapkan ditengah masyarakatnya. Lain halnya apabila figur yang diharap untuk memberi perubahan dan perbaikan itu salah tempa, tiada ide yang bisa dimunculkan dan akhirnya mereka hanya akan menjadi penonton diantara masyarakatnya sendiri. Mahasiswa yang seperti inilah akan membuat citra mahasiswa di tengah masyarakat menjadi hambar.

Oleh karena itu, sudah saatnya mahasiswa kembali pada jalurnya sebagai figur pembaharuan didalam masyarakat. Sebagai calon – calon pemimpin dan tokoh bangsa, adalah bijak bila sedari sekarang berupaya untuk lebih ‘memberi’ kepada masyarakat demi terciptanya kesinambungan yang sehat dan bermuatan positif. Mulailah dengan langkah kecil namun bermanfaat.

Harus disadari bahwa Mahasiswa bukan lagi anak SMA yang masih suka bermain dan membuang – buang waktu percuma dan juga bukan pembawa tren fashion dalam masyarakatnya sehingga bisa memunculkan stigma yang negatif. Secara moral, mahasiswa harus punya andil dalam memajukan daerahnya baik itu dalam bidang pendidikan maupun masalah sosial lainnya.

Mahasiswa harus bisa menyadari perannya sebagai figur pembaharuan. Dengan menghadiri setiap kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan digampong maka akan mudah untuk menyumbangkan ide - ide yang kreatif dan bermutu kepada masyarakat. Berbuatlah dengan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan yang ada ditanah kelahiran masing - masing. 


catatan : Tulisan ini tidak bermaksud untuk mendiskrimidasi peran mahasiswa namun lebih kearah introspeksi diri  sehingga kita akan menemukan solusi terbaik agar peran mahasiswa itu bernilai dan berbobot ditengah masyarakatnya sendiri.

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama