sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Pendidikan, Membangun “Asset” Untuk Masa Depan

MENGINGAT pentingnya pendidikan, para pelajar dan mahasiswa dari Kluet harus berjuang keras menempuh jarak yang jauh untuk menggapainya. Generasi “dulu” yang berasal dari Kluet, pernah merasakan pengalaman pahit getirnya memperoleh pendidikan.

Minim sarana dan minim tunjungan hidup, namun mereka tetap tegar. Ada yang gugur dan pulang. Tetapi ada yang bertahan hingga menamatkan pendidikan, walau dalam keadaan tertatih, baik dari segi ekonomi (biaya hidup) dan fasilitas (tempat tinggal yang layak).

Itulah potret dari kebanyakan anak muda dari wilayah ini dahalu, periode 1970 dan 1980 an. Hasilnya bisa kita lihat hari. Mereka yang pernah berjuang memperoleh pendidikan pada masa tempo dulu, telah menjadi orang-orang yang punya kapasitas dan mengisi posisi yang penting di dalam tatanan masyarakat.

Sektor pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pendidikan itu membawa arah perubahan lebih baik dalam masyarakat. Pendidikan adalah embrio pembanguan masyarakat madani, untuk sekarang dan di masa depan. Karena pendidikan adalah cara menabung dan membanguan asset di masa depan dari segi sumber daya manusia.

Hari ini konteks pendidikan di Aceh Selatan berbeda dengan dahulu. Konteks pendidikan di Aceh selatan hari ini adalah tentang “peningkatan mutu”. Untuk itu, kita titipkan pesan kepada sembilan orang Dewan terpilih kita dari Dapil Kluet, untuk membangun sektor pendidikan di Aceh Selatan, khususnya yang juga bisa bermamfaat pada daerah Kluet.

Salah satu langkah yang layak dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Selatan. DPRK bisa saja beinisitif menyusun sebuah perda tentang pelaksanaan pendidikan, yang intinya ikut mengakomodir peran lembaga pendidikan swasta dalam pengelolaan pendidikan di daerah ini. Serta lembaga pendidikan yang berada di daerah terpencil. 

Selain itu, upaya yang bisa dilakukan DPRK  dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah memperjuangkan peningkatan anggaran pendidikan yang lebih baik dalam APBD. Juga termasuk meningkat pengawasan dalam pelaksanaannya.

Kualitas pendidikan yang merata di Aceh selatan bisa di dorong di DPRK melalui perda. Ini berkaitan dalam hal peningkatan pelayanan publik dalam bidang pendidikan. Kita menitipkan peran kepada dewan terpilih untuk memperhatikan mutu lembaga pendidikan swasta dan lembaga pendidikan di daerah terpencil.

Terutama dari peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta tenaga kependidikan, sehinga sekolah swasta tidak melulu selalu harus  tertinggal dari sekolah-sekolah negeri yang ada pusat kota kabupaten maupun kecamatan. Padahal peran mereka adalah sama, yakni mencerdaskan anak daerah.

Kondisi sarana dan prasarana pendidikan kurang memadai, minimnya tenaga pendidikan sesuai klasifikasi, hingga penyebaran tenaga pendidik yang tidak merata di Aceh Selatan patut menjadi perhatian. Untuk Aceh Selatan yang lebih baik di sektor pendidikan dan merata dari segi kualitas dan kuantitas.

Kita berharap, kedepan pengelolaan pendidikan di Aceh Selatan bisa mengatasi persoalan yang tidak menonjolkan perbedaan atau dikotomi antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. Termasuk antara sekolah di kota dan sekolah-sekolah yang berada di pelosok.

Tentu visi akan menjadi kendala jika tidak anggota dewan yang punya visi dan komitment dalam hal ini. Kita berharap anggota dewan terpilih Untuk DPRK Aceh Selatan periode 2014 – 2019. Khusus dari dapil kluet bisa membawa isu pendidikan menjadi prioritas yang bisa diperjuangkan di legistatif. Karena pendidikan adalah cara investasi asset dimasa depan, demi Kluet yang lebih baik dan manusia Aceh Selatan yang berkualitas.

Jika kita adalah orang yang peduli pendidikan di Aceh Selatan. Mari kawal kinerja dewan yang kita pilih untuk mewakili kita di DPRK. Agar memberikan peran untuk peningkatan mutu di Aceh Selatan melalui panggung legislatif selama lima tahun kedepan. Karena suara kita adalah suara rakyat yang menghantarkan mereka mereka duduk di kursi terhormat. Suara rakyat adalah aspirasi.[]
Redaksi

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama