sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Menunggu Peran Dewan Terpilih

SEPERTI kita ketahui sembilan dewan terpilih pemillu kali ini, mewakili Daerah Pemilihan (dapil) kluet di DRPK Aceh Selatan selama lima tahun kedepan. Sebagian besarnya adalah wajah baru. Wajah baru, tentu menjadi harapan bagi Aceh Selatan, khususnya Kluet Raya untuk lima tahun kedepan.

Tugas anggota DPRK adalah bersama dengan eksekutif membuat peraturan daerah, membuat anggaran pembangunan daerah dan melakukan pengawasan terhadap pembangunan. Ketiga tugas anggota DPRD yang memiliki peran sangat signifikan dalam menentukan pembangunan fisik dan sosial di masyarakat serta kemajuan daerah ini belum cukup. 

Juga harus ditopang dengan kemampuan untuk menduduki jabatan tersebut. Kemampuan intelektual,  kemampuan komunikasi dan mengerti perasaan dan kebutuhan daerah ini. Kita tentunya berharap semua dewan terpilih, khususnya yang berasal dari dapil Kluet Raya mempunyai kemampuan ini.

Semua pasti bisa mengerti bahwa anggota DPRD terdahulu mewakili daerah ini telah mematuhi ketiga fungsi tersebut. Namun yang terlihat ternyata hal itu belum cukup memberikan kontribusi yang signifikan bagi proses percepatan pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan, khususnya bagi Kluet Raya, baik pembangunan fisik maupun pembangunan sosial. 

Tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, tetapi hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya pemahaman dan komitmen yang kuat dalam menjalankan tugas dan fungsi DPRK. Sehingga ada poin strategis yang menunjang bagi pembangunan daerah tidak didorong untuk didayagunakan untuk kepentingan rakyat.

Harus dimengerti bahwa DRPK bukanlah agen proyek pemerintah bagi koleganya. Idealnya, anggota DPRK yang mewakili rakyat adalah orang-orang mempunyai kecakapan (pendidikan) dan pemahaman yang baik dalam menjalani tugas dan fungsi DPRK. Berkarakter dan mempunyai komitmen yang kuat bagi kepentingan rakyat banyak, bukan mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan. 

Memang sulit yang mencari yang ideal, tetapi setidaknya ada sesuatu pondasi besar yang mereka letakkan untuk masyarakat, untuk jangka waktu lima tahun kedepan. Seperti perbaikan irigasi dan membenahi sistem menajemennya, agar supplay air lancar, tidak tersendat seperti sekarang ini. Pembangunan jalan desa yang memang sebagiannya tidak layak. Kesehatan, Pendidikan, beasiswa anak miskin dan yatim piatu dan lain-lain. Demi Kluet Raya yang lebih baik.

Selain itu. Ada beberapa isu strategis yang bisa disampaikan bagi pembangunan Aceh Selatan kedepan yang bisa diperjuangkan di DPRK. Diantaranya. Dalam draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Selatan tahun 2013 -2018, disebutkan bahwa pemberantasan Kolusi- Korupsi – Nepotisme (KKN) dan Reformasi Birokrasi, serta lemahnya pengawasan terhadap kinerja Instansi Pemerintah, masih menjadi isu utama permasalahan pembangunan di Aceh Selatan saat ini. 

Rendahnya profesionalisme birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih dalam melakukan pelayanan publik, Merupakan “PR” yang harus didorong untuk dipecahkan bagi anggota DPRK periode selanjutnya.

Dari segi sumber daya alam. Kabupaten Aceh Selatan mempunyai potensi ekonomi yang belum dimamfaatkan secara maksimal, terutama potensi laut dan pantai, ekowisata dan hasil hutan bukan kayu. Potensi-potensi ini diperkirakan dapat membantu menunjang pembangunan Aceh Selatan di masa mendatang. Semua potensi itu, ada di Kluet Raya. Menunggu untuk dikembangkan.

Untuk keperluan saat ini, Apakah pemerintah kita sudah membuat “study Inventory” untuk mengetahui berapa besar potensi dan bagaimana sistem pemamfaatannya? 

Untuk mendorong dan dalam menjalani peran ini, selayaknya anggota DPRK yang terpilih haruslah memiliki kecapakan, jaringan luas, dekat dengan rakyat, memahami kemauan rakyat dan mengerti kebutuhan rakyat. Supaya hasil Tugas dan Fungsi DPRK yang bisa diberikan kepada rakyat bisa memenuhi harapan rakyat. Bukan menghidupi diri sendiri dan menumpuk kekayaan.

Salam Redaksi

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama