sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Harga Minyak Pala Naik, Perkilo 1 Jutaan

KLUETMEDIA | Tapaktuan - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Aceh Selatan menyebutkan, hasil pantauan harga di pasar sejak seminggu terakhir terhadap sejumlah komoditas unggulan daerah tersebut, telah terjadi kenaikan harga yang drastis terhadap minyak pala yang harganya mencapai Rp 1,05 juta/kg. Sebelumnya, harga minyak pala berkisar Rp 900.000 sampai Rp 950.000.

Kenaikan harga juga dialami bunga pala merah yang mencapai Rp 150.000/kg dan bunga pala putih Rp 250.000/kg. Sedangkan harga minyak nilam bertahan berkisar Rp 600.000/kg.
"Harga tersebut merupakan hasil pantauan terbaru, yang rutin kami lakukan," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagkop UKM Aceh Selatan Darmawan di Tapaktuan, Kamis (5/6).

Darmawan mengatakan, dengan kenaikan harga minyak pala tersebut, telah memicu petani lebih giat menanam pala. Namun dari segi kuantitas, sebenarnya produksi pala dari Aceh Selatan telah jauh berkurang dibandingkan masa zaman kejayaannya dulu yakni sekitar tahun 2008 ke bawah.

Menyusutnya produksi pala di Aceh Selatan, menurut Darmawan, dipengaruhi beberapa faktor terutama faktor semakin maraknya serangan hama penggerek batang yang telah memusnahkan ribuan hektare tanaman pala di daerah itu. Akibatnya, kini produksi pala semakin berkurang, sehingga memicu kenaikan harga minyak pala di pasaran karena antara kebutuhan atau permintaan dari pembeli di Medan dan luar negeri tidak berimbang dengan produksi.

Sedangkan tanaman nilam, sambung Darmawan, berdasarkan pengamatan mereka tampaknya belum tampak adanya sambutan hangat dari petani setempat. Di beberapa kecamatan yang dipantau, usaha pertanian nilam belum menggeliat, kecuali sejumlah petani yang sebelumnya sudah menanam nilam sejak awal.[]
sumber: medanbisnis.com

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama