sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Jalan di Pegunungan Air Pinang - Ujung Batu Dapat dipakai Sebelum Lebaran

KLUETMEDIA | TAPAKTUAN - Perbaikan dan pelebaran badan jalan di gunung antara desa Air Pinang Tapaktuan dengan Desa Ujong Batu Pasieraja kabupaten Aceh Selatan yang dikerjakan oleh  perusahaan kontraktor lokal Aceh yakni PT Nugraha Adi Taruna hampir rampung. 

Proyek dengan pendanaan multiyears itu, ditargetkan dapat dimanfaatkan sebelum hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah. Pasalnya kontrak pekerjaan akan berakhir dibulan Agustus 2014. “ Jika tidak ada hambatan yang fatal kami menargetkan pekerjaan ini rampung pada akhir bulan Juli depan,” kata Abul, ST tehnik pelaksana di lokasi, Selasa (20/5) lalu.

Menurutnya, waktu tersebut dapat tercapai mengingat sisa pekerjaan tinggal sedikit lagi yakni pemasangan 10 unit contilever dan pemasangan badan jalan serta pengecoran dan pemasangan tembok pembatas yang tersisa sepanjang 60 meter.


Dengan terbukanya jalan tersebut, maka masyarakat pengguna jalan yang hampir dua tahun ini melalui jalan alternatif di pinggir pantai yang melelahkan itu dapat berlega hati, apalagi open traffic dapat dilakukan sebelum lebaran yang dapat menampung arus mudik. dan jalan yang mirip tol di kabupaten Aceh Selatan itu yang menghubungkan Aceh dengan propinsi Sumatera utara itu bisa memperlancar arus ekonomi daerah khususnya.

Abul menerangkan, pembangunan jalan sepanjang 1800 dengan lebar 8 meter itu, pengerjaannya dimulai bulan Agustus 2012. Pekerjaan merupakan pelebaran badan jalan memiliki tebing curam sehingga digunakan konstruksi contilever berteknologi tinggi.

Pengikatan contilever yang memiliki panjang 8,5 meter,tebal 50 centi serta tinggi 1,2 meter itu menggunakan kabel dengan kekuatan tahan 280 ton dan cor beton sebagai penarik gaya bila mendapat tekanan. Diyakini dengan kontruksi contilever, longsor tidak akan terjadi lagi sebagaimana selama ini terjadi. Kemudian dibangunnya tembok disepanjang dinding gunung untuk mencegah tanah longsor sekaligus membuat jalan beton tambah kokoh.

Dikatakan Abul, kontruksi contilever sebenarnya sudah banyak dilakukan, seperti pembuatan teras lantai dua rumah, tanpa tiang, hanya saja ada yang panjang 1-3 meter yang tergantung untuk badan jalan ini yang diperkirakan mampu menahan beban seberat 100 ton.

Dikatakannya finising badan jalan cor itu, akan dilapis dengan aspal hotmix. diterangkannya pengerjaan kontruksi contilever ini telah dipasang dipropinsi Sumatra Barat tepatnya dikawasan kelok sembilan guna pelebaran jalan.[]
sumber/foto: Pemkabas.com

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama