sponsor

sponsor

Slider

LINTAS NANGGROE

LINTAS ACEH SELATAN

INFO GURU DAN CPNS

Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

INFO PENDIDIKAN

LINTAS ARENA

R A G A M

INFO KAMPUS

Gallery

» » » Bupati Mengkritik Buruknya Tingkat Kelulusan UN di Aceh Selatan

KLUETMEDIA | TAPAKTUAN - Buruknya tingkat kelulusan siswa SMA/MA/SMK di Aceh Selatan mendapat kritikan dari bupati setempat, T Sama Indra. Menurut dia, selama ini guru di daerahnya belum ikhlas dalam memberi pelajaran kepada anak didiknya.

"Niat guru tidak ikhlas membagikan ilmunya kepada murid," kata T Sama Indra, usai mengikuti Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah (Rakorpimda) se Aceh di Aula Serbaguna, Kantor Gubernur Aceh, Kamis 22 Mei 2014.

Begitupun, dia akan melakukan evaluasi terkait buruknya prestasi pendidikan Aceh Selatan. Faktor lain, kata Sama Indra, pemerataan guru dan rendahnya mutu guru di daerah juga masih menjadi kendala daerah penghasil pala itu.

"Selama ini mutu guru di Aceh Selatan masih rendah," ujar dia. Bahkan guru yang sudah mendapat sertifikasi juga tidak maksimal dan jalan di tempat.

Itu sebabnya, Pemerintah Aceh Selatan akan melakukan pelatihan khusus terhadap tenaga pendidik. Hal ini dikarenakan, selama ini para guru tidak benar-benar mengikuti pelatihan yang dibiayai oleh negara, sehingga tidak ada hasil yang diterapkan.

Dia menduga para guru tersebut hanya ingin mendapatkan biaya perjalanan. "Sementara pelatihan tidak diikuti. Sampai disana teken SPPD, pulang. Dan kita sudah mendapatkan itu," ujarnya.

Terkait kinerja Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Sama Indra mengatakan tidak ada persoalan. Menurutnya, selama ini dinas sudah bekerja dengan baik.

"Kalau dinas sudah maksimal, namun kita juga akan melakukan evaluasi. Bukan dinasnya, mungkin pelaksananya," kata dia

Seperti yang diketahui, Kabupaten Aceh Selatan berada di peringkat terakhir atau rangking ke 23 dari jumlah Kabupaten/Kota di Propinsi Aceh, kelulusan Ujian Nasional (UN) SMA/MA sederajat tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan Propinsi Aceh secara nasional berada diurutan ke 33 dari jumlah Propinsi di Indonesia. Artinya, siswa yang tidak lulus di Kabupaten Aceh Selatan terbanyak secara nasional.

Menurut data dari Panitia UN Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014 tingkat SMA/MA dan SMK bahwa siswa yang tidak lulus sebanyak 186 orang dari 3221 yang mengikuti UN atau 6 %. Terbanyak jurusan IPS 142 siswa dan IPA 44 siswa. Sementara siswa kejuruan lulus 100 % di 10 SMK yang ada di kabupaten itu. Sekolah yang terbanyak siswanya tidak lulus UN adalah SMAN 1 Meukek, berjumlah 21 siswa.

Sementara itu, Kepala dinas pendidikan Aceh Selatan H Yusafran yang mendelagasikan konfirmasi kepada Kabid Dikmen Mawardi mengatakan, bahwa hasil UN untuk Kabupaten Aceh Selatan belum final. Sebab, masih ada waktu satu minggu untuk masa sanggah. Karena ada dugaan waktu pengumpulan naskah soal dan lembar jawaban ada pengawas yang yang langsung memisahkannya.
sumber: Atjehpost

Tulislah Pendapatmu tentang Artikel diatas.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama